25 February 2013

Tips Mengelola Gaji

Tips mengelola keuangan ini saya pelajari saat mengikuti Seminar pak Krishnamurti yang diadakan SimpleBizNet di Oriflame Daan Mogot. Banyak teman yang saya ajak. Sayang mereka menolak. Padahal saya tahu persis mereka selalu mengeluh tentang gaji mereka yang kurang, hutang nggak lunas-lunas, dan sebagainya.

Apa yang di-sharing pak Krishna rupanya didapat dari pakar keuangan T.Harv Eker pengarang buku "Secrets of the Millionaire Mind". Apa tipsnya?

TIPS: GUNAKAN SISTEM CELENGAN

Anda mungkin berpikir: "Celengan? Yah itu mah basi. Tiap bulan saya nabung recehan." 
Tahukah anda, orang kaya menabung di awal saat dia menerima gaji sedangkan orang miskin menabung di akhir bulan atas sisa gajinya? Akibatnya? Tabungan orang kaya selalu bertambah banyak dari bulan ke bulan. Tabungan orang miskin? Sangat sedikit dan seringkali saldonya nol. Tidak heran orang kaya makin kaya sedangkan orang miskin makin miskin.

Bagaimana rahasia orang kaya mengelola keuangan mereka dengan menggunakan sistem celengan ini?

Ini rahasianya: Setiap kali menerima gaji, orang kaya atau calon orang kaya membagi gajinya ke dalam 6 CELENGAN YANG BERBEDA:

1. Celengan nomor 1 adalah CELENGAN FFA - Financial Freedom Account  (Kebebasan Finansial)
10% dari gaji masuk ke celengan ini dan TIDAK diambil selain untuk berinvestasi pada bisnis bisa mendatangkan penghasilan pasif seperti bisnis Oriflame. Menabunglah dalam celengan ini SETIAP HARI. Termasuk uang receh anda. Bisnis berpenghasilan pasif adalah bisnis yang tetap menghasilkan penghasilan walau anda tidak mengerjakannya lagi. Bisnis seperti ini adalah bisnis yang menjadi incaran orang-orang kaya.

2. Celengan nomor 2 adalah CELENGAN NEC - Necessities (Kebutuhan Sehari-hari)
50% dari gaji anda masuk ke celengan ini dan digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari anda.

3. Celengan nomor 3 adalah CELENGAN EDU - Education(Pendidikan)
10% dari gaji anda masuk ke celengan ini dan digunakan untuk meningkatkan pengetahuan anda (bukan istri atau anak anda, itu masuk ke CELENGAN NEC). Orang kaya menghabiskan lebih banyak uang untuk buku-buku dan seminar dibanding nongkrong di restoran.

4. Celengan nomor 4 adalah CELENGAN LTSS - Long Term Saving for Spending (Tabungan Jangka Panjang)
10% dari gaji anda masuk ke celengan ini dan digunakan untuk pengeluaran-pengeluaran besar termasuk saat anda sakit, uang muka pembelian rumah/mobil.

5. Celengan nomor 5 adalah CELENGAN GIVE (Amal)
10% dari gaji anda masuk kesini untuk zakat, shodaqoh, sumbangan, dll. Orang kaya beramal secara rutin. Coba lihat Bill Gates, Paris Hilton, dll. Beramal jelas tidak mengurangi kekayaan mereka. Dan amalan anda akan dibalas berlipat-lipat oleh Allah SWT, apapun agama anda.

6. Celengan nomor 6 adalah CELENGAN PLAY (Main)
10% dari gaji anda masuk ke celengan ini untuk ANDA HABISKAN sesuka hati. Disarankan untuk menghabiskan isi celengan ini setiap bulan atau maksimal setiap dua bulan. Disarankan untuk membeli benda-benda mahal yang dibeli orang kaya yang dapat membuat anda senang. Anda merasa jumlah tabungan di celengan ini kurang? Itu berarti penghasilan anda masih kurang untuk menghidupi gaya hidup yang anda inginkan. Tambah penghasilan anda dengan berbisnis penghasilan pasif seperti di www.dewibisnis.com. Ada liburan gratis yang bisa anda menangkan setiap tahunnya.

Uang anda terlalu banyak untuk bisa muat dalam celengan? Gunakan kotak uang atau buka 6 rekening bank yang berbeda. Bila anda mengeluh CELENGAN NEC anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan anda, itu artinya anda sangat butuh penghasilan tambahan.Yuk daftar bisnis Oriflame.

Pastikan daftarkan sama ibu Dewi supaya dapat bimbingan LANGSUNG cara bisnis Oriflame yang jelas, halal, dan benar.
Hubungi ibu Dewi disini ya:
WA 08158033943
BBM 5BE86C88
LINE goo.gl/LLOJ9q




 

2 comments:

  1. kalo gaji 2.000.000
    1.10%=200.000 ok
    2.50%=1.000.000(per hari=...??) (for 3org)
    3.10% for edu=nga cukup, min 350.000
    4.10%...???
    5.10%=200.000(wajib)
    6.10%=no need

    salut dgn kesuksesan ibu...
    org kaya nabung diawal bulan dgn bugdet yg gede=karena mereka berlebihan secara finansial, kalo org miskin jangankan nabung diakhir bulan makan aja nga cukup,, apakah mrk malas?? tidak!! justru mrk bangun lebih cepat dr org kaya, jam kerja mrk lebih panjang n capek dari org kaya.. hidup hrs lebih kepada bersyukur dan menikmati menurut saya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba Melly, hidup harus bersyukur dan menikmati. Tapi bagaimana bisa menikmati kalau kebutuhan sehari-hari saja tidak cukup? Prihatin iya.

      Disini pak Krishnamurti bilang, orang miskin berarti yang bermental miskin BUKAN dibilang malas. Dikatakan, saat menyadari gaji kita ternyata tidak cukup, kita harus mencari peluang untuk meningkatkan penghasilan. Mungkin dengan kerja lembur atau dengan berbisnis. Disini oleh pak Krishnamurti dianjurkan melakukan yang terakhir. Jadi tidak pasrah oleh keadaan ;) Semangat! Kita pasti bisa kaya.

      Delete